Gimana Finland?

“How’s Finland?”

Pertanyaan yang gue dapet hampir tiap hari sejak datang kesini.

Dan hal pertama yang ada di pikiran gue pasti… dingin. But when i think about it, there’s actually a whole lot more than that!

Pertama-tama, kalian harus tau faktanya Finlandia adalah negara yang penduduknya paling jarang dibandingkan dengan negara lain di European Union, dengan hanya 16 penduduk per km². Bayangin aja di Indonesia gue tinggal di Bekasi yang kalian tau macetnya kayak apa. Nah disini gue tinggal di kota kecil banget namanya Perho, bahkan McD pun disini gak ada, musti keluar kota dulu.

Jadi disini tuh sepi, tentram dan damai. Saking damainya, gak ada polisi di kota gue. Kok bisa? Iya, bisa. Kalo ada hal darurat, harus telepon kantor polisi terdekat, jauhnya kira-kira 1 jam naik mobil. Lumayan sih, ya.

But anyways, walaupun disini sepi sama orang, tapi rameeeee banget sama pohon. Serius gak boong gue, pohon dimana-mana. Bahkan orang bilang: “You can have a 14 hours driving trip and all the sceneries you see are trees.” Gak heran sih kenapa udara disini bersih banget. Saking bersihnya, upil gue disini warna putih, gak pernah sekalipun warna coklat kayak biasanya di Indonesia, AHHAHAH.

Continue reading “Gimana Finland?”

Advertisements

My First Month in Finland

– Tervetuloa Suomeen! –

On the 17th day of August 2017, i left my family, my friends, my school, and my life behind to experience a completely different life in Finland. It has been my dream since i was in middle school to study abroad. And here i am! After all the struggles, tears, and months of waiting, i traveled 10.270 kilometres away from home and finally had a chance to actually living my dream.

Now it’s been a month since i left Indonesia, and it is weird how time flies so fast. It only feels like last week when i got off the plane and walked on this land of a thousand lakes for the first time.

I am living a completely different life here, and i’m still trying to figure out how things in here work, and what this and that are. I would say that literally all of them, they are so new to me. I didn’t know that a lot of things could surprise me, and i’m eager to figure out many more surprises this beautiful country has to offer.

The weather, school, people, food, culture and MANY other differences. But the biggest challenge is: yep, definitely the language. I am completely blind to what people are saying and i just nod and smile when they talk in Finnish, especially when i’m at the dining table. It is sad that i can’t join in the conversation because i have no idea what they’re talking about…

Continue reading “My First Month in Finland”

A piece of advice

Destroy the idea that you can only be a certain thing if you’re good at it. If you make art because you love it, you’re an artist. If writing is your passion, you’re a writer. If you love making music, you’re a musician. Same goes for everything else. Don’t feel like you’re not good enough to do anything. Keep doing what you love and don’t let anyone tell you otherwise.

The paragraph you read above was not made by me. I found it on the internet and it was so well said i had to post it.

Keep your head up, your tiara is falling.

Love, from 10270 kms away.

Why Do You Hike?

Many people wonder, ‘Why do you guys hike? It’s super tiring.’

And my answer is, yes, we will suffer. From foot aches and back pain. Burnt skin, cracked lips, dry hair, and many. But we will also experience the deepest of joys. The togetherness, being that cold together makes every hug that you get from your mates counts. The warmth of the sunlight after a long cold night. Seeing the pretty stars and city lights while enjoying some hot chocolate. The feeling after we reached the peak of the mountain and then cried. The taste of food that we proudly made, then eat it together from the same plate. But even the simplest thing can make us feel grateful, like seeing the edelweiss flowers bloom. or meeting other hikers and said hello to each other and get encouraged.

At the end of the day, all the suffering will be worth it. And believe me, you will crave for more hiking trips.😉🌹
17 may 2017 – 8.45 pm

I Was Dying

First i was dying to finish high school and start college.

And then i was dying to finish college and start working.

And then i was dying to marry and have children.

And then i was dying for my children to grow old enough for school so i could return to work.

And then i was dying to retire.

And now i am dying… and suddenly i realize i forgot to live.

– Anonymous

Submitted by Nicole Zablocki


Curhat Seleksi AFS Tahap 3

Jadi guys, sebenarnya waktu seleksi tahap 3 itu gue lagi gak fit. Udah beberapa hari sakit. Pusing, lemes, badan panas. Parah deh pokoknya. Hari-H seleksi paginya malah muntah-muntah. Nyokap gue sampe bilang gini pas hari-H seleksi: “Udah, ikhlasin aja, kak. Kita ke rumah sakit aja, ya.” Tapi gue tetep keukeuh ikutan seleksi. Gue mikir, mending gue terusin, daripada berhenti di tengah jalan dan menyesal. Sayang banget udah sampe tahap ini. Ke RS-nya pas pulang seleksi aja. Gitu pikir gue.

Yaudahkan, cus deh ke lokasi. Gue masih punya sekitar 30 menitan sebelum seleksi dimulai. Disana udah banyak peserta lain, mereka udah pada kenalan. Tapi saat itu posisinya gue pusing pake banget sampe gak sanggup berdiri, apalagi bersosialisasi, kan?

Nah gue pun duduk di pinggir lapangan. Tiba-tiba ngeliat anak-anak peserta pada rame ngerubungin tembok. Gue samperin kesana. Ternyata itu list kelompok. Gue cari nama gue dan dapet, lalu gue cari orang-orang yang sekelompok sama gue. Kita pun kenalan.

Dan yak, di saat proses seleksi, gue paksa diri gue. Walaupun pusing, kleyengan, rasanya pengen pingsan. Apalagi unjuk bakat gue taekwondo. I did reaaaally bad. Gue jelek banget waktu itu. Taekwondo gue acak-acakan, lemes, gak jelas. Tapi mau diapain lagi.

Setelah seleksi selesai gue pasrah sama Allah karena emang waktu itu gue merasa gagal, teman sekelompok gue bagus-bagus dan gue merasa gak bakal lolos. Gue dijemput orang tua gue dan pergi ke RS sesuai rencana. Gue tes darah dan ternyata hasilnya gue positif demam berdarah!!! HUAA. Gue pun dirawat di RS selama seminggu.

Saat hasil seleksi keluar, gue udah sehat dan udah keluar RS. Gue pasrah banget banget banget, gue berdoa semoga hasilnya itu yang terbaik dari Allah buat gue. Gue pun akses website chapter Karawang dan hasilnya adalah GUE LOLOS KE TAHAP NASIONAL. ALLAHU AKBAR. Gak nyangka parah. Gue pun nangis.

YAAK dan selanjutnya adalah Seleksi Nasional, apakah layak untuk seleksi lanjutan YES atau dikirim ke AFS. Ternyata gue gak dipilih buat YES gengs, but it’s okay! Gue masih punya kesempatan di AFS.

Buat yang penasaran tentang anak-anak BINABUD MENCARI BAKAT, yang lolos tahap selanjutnya semua kecuali Dinda 😥 Gak papa, many opportunities ahead for you, Din! Oh iya, Hilda diundang untuk seleksi YES!

Setelah berbulan-bulan sabar, akhirnya gue dapat kiriman surat dari AFS pada bulan Februari di hari ulang tahun gue, bahwa gue dapat placement di Finlandia. Gue sama nyokap gue pun nangis bareng. BEST BIRTHDAY GIFT EVER.

Kabar selanjutnya adalah Alberic dapat placement di Rusia, Hilda lolos seleksi YES, sedangkan Rafif gak lolos seleksi internasional. Gak papa, Rafif, many opportunities ahead!

BINABUD MENCARI BAKAT

Doakan kami ya! Dan good luck juga untuk kalian!❤️

Seleksi AFS Tahap 3

Halohalo, balik lagi sama gue di post tentang Seleksi AFS/YES. Sekarang gue mau bahas tahap terakhir seleksi tingkat chapter, yaitu Seleksi Tahap 3! Buat yang belum baca post gue tentang seleksi tahap-tahap sebelumnya, bisa klik disini.

Kalo udah, langsung aja ya!

– Dinamika Kelompok

Jadi, kalian bakal dibagi kelompok, 1 kelompok dalam 1 ruangan. Pas gue dateng list kelompok & ruangannya tuh udah dipajang, jadi gue sama yang lain sempet kenalan dulu bentar biar di dalam ruangan nanti lebih enak.

Di kelompok gue ada Alberic, Rafif, Dinda, dan Hilda. (SHOUTOUT TO THEM FOR BEING THE DREAM-TEAM. Miss you guys!)

Nah, awal masuk ruangan kita semua masih bingung cengo gak tau harus ngapain. Gue masih inget banget di dalam ruangan itu ada 3 kakak juri, 2 perempuan dan 1 laki-laki. Ada juga 1 orang Hosting di Karawang, Isabella (IF YOU’RE READING THIS, HI!) 😀 Gak lama kemudian salah satu kakak kasih kita beberapa amplop dan kita disuruh milih secara random. Di dalam amplop tersebut ada berbagai macam kasus. Dari amplop yang kita pilih, kita dapat kasus bagaimana mengatasi masalah minat baca masyarakat.

Setelah itu kakaknya kasih kita alat dan bahan buat kita bikin ‘sesuatu’ yang bisa mengatasi masalah kasus tadi. Alat dan bahannya ada 1 pak kartu poker, selotip, dan gunting. Udah itu aja. Dikit banget, i know. 😂

Setelah diskusi singkat, gue sama teman sekelompok gue memutuskan untuk bikin maket perpustakaan umum modern. (Hayo gimana.)

Setelah riweuh selotip sana-sini, akhirnya prakarya kami jadi. Terus disuruh presentasi sama kakak-kakaknya. Kami pun menjelaskan apa itu perpustakaan modern kami, mau dibangun dimana nanti, ditujukan untuk siapa, darimana modal untuk membangun perpustakaan tersebut, macam-macam, deh.

TIPS:

Continue reading “Seleksi AFS Tahap 3”

ketahuilah.

aku tidak benar-benar pergi.

aku hanya ingin lihat

bagaimana sikapmu saat tahu

bahwa kamu dan aku

bukanlah ‘kita’ seperti dulu

aku pikir kamu akan berusaha

nyatanya tidak.

aku tahu. itu bodoh.

melepasmu- aku hancur.

aku takkan bisa.

tapi aku ingin kau tahu

bahwa

aku masih disini

aku tidak benar-benar pergi.

Positive pain

There are days where you feel unloved. You will look around and see your family and lovers, and you will not have that. But not every day is going to be a good day, and that’s okay. You are allowed to feel sad and cry. Just remember to always come back and put a smile.

Turn your pain into a positive way by doing things that you love. That’s how you can get distracted. Once you are distracted, when you look back you won’t feel pain anymore because it’s in the past. It is what it is. And you have come to accept it.

And remember, happiness is not derived from others loving you. Happiness comes from loving yourself.

And the universe said, “I love you, because you are love.”

 Cheers! ❤